Kenapa Youtube Tidak Bisa Dibuka: Cara Mengatasinya

Youtube adalah salah satu platform video terbesar dan paling populer di dunia. Dengan lebih dari dua miliar pengguna aktif per bulan, Youtube telah menjadi bagian integral dari kehidupan internet banyak orang. Namun, bagaimana jika suatu hari Anda mengalami masalah ketika mencoba membuka Youtube? Beberapa faktor bisa menjadi penyebabnya, mulai dari masalah koneksi internet hingga kesalahan sistem operasi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan semuanya dan memberikan solusi untuk mengatasi kenapa Youtube tidak bisa dibuka.

1. Koneksi Internet Bermasalah

Salah satu penyebab utama kenapa Youtube tidak bisa dibuka adalah masalah koneksi internet. Beberapa tanda-tanda masalah ini bisa dipastikan antara lain ketidakstabilan sambungan internet, kecepatan internet yang lambat, atau bahkan jaringan mati total. Jika Anda mengalami masalah ini, cobalah untuk melakukan beberapa langkah berikut:

  • Periksa jaringan internet Anda dan pastikan koneksi stabil.
  • Restart perangkat Anda untuk memperbaiki masalah koneksi internet, di antaranya modem, router, dan laptop atau komputer.
  • Cek koneksi jaringan dari perangkat Anda, pastikan tidak ada interupsi atau gangguan.
BACA JUGA :   Kenapa Youtube Vanced Tidak Bisa Login?

2. Browser Bermasalah

Jika koneksi internet Anda berjalan dengan baik, namun youtube tetap tidak bisa dibuka, maka masalahnya mungkin berasal dari browser yang Anda gunakan. Terkadang, cookie dan cache browser yang tidak dihapus dapat menyebabkan masalah saat membuka Youtube. Coba lakukan hal berikut untuk mengatasi masalah tersebut:

  • Matikan browser dan restart lagi, lalu coba untuk membuka Youtube kembali.
  • Hapus cookie dan cache browser pada pengaturan browser Anda.
  • Coba gunakan browser lainnya, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau internet Explorer.

3. Masalah Sistem Operasi

Selain masalah koneksi internet, masalah pada sistem operasi Anda juga bisa menjadi penyebab kenapa Youtube tidak bisa dibuka. Terkadang, ada masalah dengan file sistem yang dapat membuat Youtube tidak dapat diakses. Cobalah langkah-langkah berikut:

  • Reboot perangkat Anda untuk memperbaiki kesalahan sistem dan periksa apakah Youtube kembali bisa diakses.
  • Perbarui sistem operasi Anda dengan versi terbaru.
  • Coba hapus semua aplikasi yang mungkin dapat berinteraksi dengan Youtube seperti adblocker atau internet security.

4. Video terlarang atau dihapus

Kadang-kadang, Youtube mungkin tidak bisa dibuka karena video tertentu dihapus atau tidak tersedia untuk ditonton di wilayah tertentu. Karena sebagian besar dari konten di Youtube tergantung pada lisensi individu atau afiliasi negara.

5. Masalah pada perangkat keras

Jika masalah Youtube tidak bisa dibuka terus berlanjut namun Anda sudah melakukan pengecekan di sisi koneksi internet dan sistem operasi, ada kemungkinan masalah itu berasal dari perangkat keras Anda. Cobalah langkah berikut untuk mengatasi masalah tersebut:

  • Cek perangkat keras, seperti kabel LAN dan Wi-Fi Router, yang terhubung ke perangkat Anda.
  • Periksa driver perangkat keras Anda dan perbarui jika diperlukan.
  • Cek kesehatan dan kondisi perangkat keras Anda, pastikan tidak ada masalah fisik pada motherboard atau pendingin CPU.
BACA JUGA :   Mengapa Youtube Hitam Putih? Cara Mengatasinya

6. Waktu yang tidak sinkron

Kadang-kadang, pengaturan waktu pada sistem operasi Anda mungkin tidak sinkron dengan waktu yang sebenarnya. Kesalahan ini dapat membuat Youtube tidak bisa dibuka. Coba atur tanggal dan waktu Anda dalam mode keamanan dan pastikan tepat sesuai dengan zona waktu Anda.

7. Kesalahan server Youtube

Terakhir, sering terjadi kesalahan server Youtube. Karena video yang disajikan disimpan di server mereka yang dijalankan oleh Google. Jika server mengalami masalah atau gangguan, maka Youtube akan sulit dan bahkan tidak bisa diakses. Jika Anda mengalami masalah ini, sepertinya tidak ada yang bisa Anda lakukan kecuali menunggu sampai server berhasil diperbaiki.

Solusi Alternatif untuk Youtube Yang Tidak Bisa Dibuka

Jika semua cara di atas gagal atau Anda ingin mencoba solusi alternatif yang mungkin dapat membantu Youtube yang tidak bisa dibuka, coba lakukan cara berikut:

1. Install aplikasi Youtube

Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi Youtube resmi dari vendor. Beberapa aplikasi Youtube mungkin akan lebih cepat dan stabil daripada membuka Youtube melalui browser.

2. Gunakan VPN

Cobalah menggunakan VPN untuk mengakses Youtube. VPN akan secara otomatis memperbaiki masalah koneksi internet bila terjadi hambatan di wilayah Anda dan menawarkan proteksi keamanan tambahan.

3. Matikan Pengaturan Firewall dan Antivirus

Jika Anda menggunakan pengaturan firewall atau antivirus yang sifatnya lebih ketat, coba untuk matikan terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada aturan firewall yang menghambat jalannya Youtube di komputer Anda.

4. Atur Pengaturan DNS

Jika masih tidak bisa, atur pengaturan DNS Anda dengan DNS publik, seperti Cloudflare, OpenDNS, atau Google Public DNS. Pastikan untuk memeriksa kembali dengan pengecekan koneksi untuk memastikan bahwa setelah mengubah pengaturan ini, Youtube bisa diakses kembali.

Frequently Asked Questions(FAQs)

1. Bagaimana cara mengatasi jika Youtube terus muncul buffering?

Untuk mengatasi buffering, coba periksa koneksi internet Anda, pastikan Anda tidak mendownload atau streaming sumber data yang lainnya, coba kurangi resolusi video yang Anda tonton, atau ubah browser yang digunakan.

BACA JUGA :   Kenapa Youtube di Laptop Tidak Ada Suaranya: Cara Mengatasinya

2. Bagaimana cara mengatasi jika Youtube tidak bisa memutar video pada Android?

Untuk mengatasi masalah ini, cobalah menonaktifkan penghemat baterai pihak ketiga yang Anda gunakan atau hapus cache pada aplikasi Youtube.

3. Apakah Youtube dapat dibuka di mana saja dan kapan saja?

Youtube seharusnya bisa diakses di mana saja dan kapan saja selama terhubung ke internet.

4. Apakah ada batasan koneksi internet untuk membuka Youtube?

Ya, ada batasan koneksi internet untuk membuka Youtube. Minimal koneksi harus 500 kbps serta koneksi harus terhubung dan stabil.

5. Apakah ada alasan lain jika Youtube tidak bisa dibuka di smartphone?

Ya, bisa terjadi masalah pada aplikasi Youtube sendiri, storage yang penuh, ataupun system operasi yang tidak sesuai dengan aplikasi Youtube.

6. Kapan Youtube bisa mulai berfungsi kembali setelah ada masalah pada server mereka?

Hal itu tergantung dari kerusakan serta tingkat kesulitan yang harus diatasi pada server Youtube. Namun Youtube seharusnya bisa kembali berfungsi dalam beberapa jam.

7. Apakah Youtube membutuhkan koneksi internet yang cepat?

Ya, semakin cepat koneksi internet yang digunakan, maka semakin cepat juga loading Youtube. Bagusnya, koneksi internet yang digunakan ada pada minimal 1Mbps.

8. Menggunakan perangkat apa saja yang bisa dipakai untuk membuka Youtube?

Selain desktop dan laptop, Anda dapat membuka Youtube dengan menggunakan tablet atau ponsel pintar Android ataupun IOS.

9. Apakah ada cara lain untuk membuka Youtube selain menggunakan browser?

Ya, ada beberapa cara lain seperti menggunakan aplikasi Youtube atau menggunakan software Youtube downloader.

10. Apa penyebaran adblocker dapat membuat Youtube tidak bisa dibuka?

Ya, adblocker dapat memblokir iklan pada Youtube, tetapi interval iklan tersebut bisa menentukan apakah Youtube bisa diakses atau crash.

11. Mengapa perlu menggunakan VPN untuk membuka Youtube?

VPN dapat membantu mempercepat koneksi internet atau membantu bypass wilayah tertentu yang menyebabkan kesulitan dalam mengakses Youtube.

12. Bagaimana solusi jika Youtube tidak bisa dibuka pada laptop yang baru?

Coba konfigurasi ulang wifi pada laptop Anda, atau cobalah menggunakan browser yang lain untuk melihat apakah Youtube bisa diakses maupun tidak.

13. Apa yang saya harus lakukan jika semua solusi yang dicoba tidak berfungsi?

Jika semua langkah di atas gagal, cobalah meminta bantuan kepada ahli teknologi atau And dapat langsung menghubungi support Youtube.

Kesimpulan

Setiap masalah ada solusinya, begitu pun ketika Youtube yang Anda akses tiba-tiba tidak bisa dibuka. Ada beberapa hal yang mesti Anda cek perihal koneksi internet, perangkat keras, sistem operasi, pengaturan firewall, atau browser. Tidak lupa juga untuk memeriksa apakah video tersebut memang terlarang untuk dilihat atau sudah hilang di Youtube.
Namun, jika semua cara di atas tidak berhasil, cobalah solusi alternatif yang telah disebutkan seperti install aplikasi Youtube resmi, menggunakan VPN, atau mengatur DNS. Jangan lupa, jangan terlalu khawatir dan panik, sehingga dapat mengganggu produktivitas Anda. Gunakan waktu luang dengan bermanfaat sambil menunggu Youtube kembali berfungsi seperti biasanya.

Disclaimer:
Artikel ini bukanlah saran medis dan ditulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan. Jika Anda mengalami masalah medis atau ada pertanyaan tentang kondisi kesehatan Anda, segera hubungi dokter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *