Cara Mengatasi Laptop Lemot
Cara Mengatasi Laptop Lemot

Inilah Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru 2019

Diposting pada 61 views

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Pernahkah anda mengalami laptop Anda berjalan sangat lambat atau biasa dibilang lemot. Yang mendasari lambatnya sebuah laptop atau PC sangat banyak. Jika Anda saat ini mengalami lemotnya di laptop Anda. Anda tak perlu khawatir karena dalam artikel ini saya akan membahas cara mengatasi laptop yang lemot.

Mungkin saat ini anda merasa jengkel karena lemotnya laptop milik anda. Hanya sekedar membuka browser ataupun File Manager saja rasanya laptop sudah sangat berat. Lalu bagaimana dengan membuka aplikasi yang lebih berat lainnya? Pasti anda akan dibuat jengkel dengan laptop yang anda miliki. Anda merasa bahwa kinerja dari laptop Anda menurun.

Cara Mengatasi Laptop Lemot
Cara Mengatasi Laptop Lemot

Hal tersebut tentu menjadi masalah bagi anda khususnya yang bekerja di depan komputer atau laptop. Sebelum kita membahas cara mengatasi laptop lemot ada baiknya anda mengetahui penyebab lemotnya laptop anda.

Penyebab lemotnya laptop

  • Terlalu banyaknya software yang membuat kapasitas memori internal menjadi penuh. Salah satu masalah atau penyebab lemotnya laptop adalah penuhnya memori internal milik anda. Hal ini sangat berpengaruh karena setiap kali sebuah aplikasi berjalan diperlukan ruang untuk menjalankan aplikasi. Jika memori internal Anda penuh maka hal tersebut dapat menghambat jalannya aplikasi yang membuat laptop jadi lemot.
  • Ukuran RAM yang kecil. Penyebab lain lemotnya laptop adalah ukuran RAM yang sangat kecil. Karena fungsi RAM adalah untuk membaca jalannya aplikasi. Jika RAM anda besar maka semakin banyak aplikasi yang dapat berjalan. Namun jika Ram anda kecil maka semakin sedikit aplikasi yang dapat berjalan.
  • Terlalu lama dipakai dan membuat prosesor menjadi panas. Penyebab lain dari lemotnya laptop Anda adalah prosesor yang memanas. Jika prosesor menjadi panas akan membuat kinerja prosesor menjadi melambat.
  • Adanya virus atau malware yang membuat laptop menjadi lemot.  Virus dapat diartikan sebagai sebuah file yang memakan file lain atau merusak nya. Jadi anda harus berhati-hati terhadap virus ataupun malware.
  • Menjalankan aplikasi yang berat dan tidak sesuai dengan spek laptop anda. Hal ini penting karena setiap aplikasi memiliki minimum spesifikasi yang harus terpenuhi. Bayangkan jika sebuah aplikasi yang memiliki my mom spesifikasi processor minimal Core i3 dijalankan dalam prosesor Celeron. Hal tersebut tentu dapat membuat aplikasi ataupun laptop berjalan menjadi sangat lambat.
  • Banyaknya file sampah ataupun Cache dalam laptop anda. Caca merupakan file yang tersimpan secara temporer untuk menyimpan data. Dengan banyaknya file cache akan menghambat jalannya aplikasi ataupun laptop milik anda.
  • Tak pernah di defrag. Mungkin ini adalah penyebab yang sering membuat laptop anda menjadi lemot. Banyak sekali laptop yang menjadi lemot karena jarangnya dilakukan defragmentasi. Proses defragmentasi penting karena untuk mengatur file-file anda menjadi tertata.  

Baca Juga :

Setelah anda mengetahui penyebab lemotnya laptop Anda berikut adalah cara mengatasinya.

Cara mengatasi laptop lemot

  • Cara mengatasi yang pertama adalah hapus aplikasi aplikasi yang tidak berguna dalam laptop anda. Dan ini akan membuat ruang dalam memori internal Anda semakin besar.
  • Buka aplikasi Task Manager, setelah itu hapus aplikasi yang sedang berjalan di balik layar yang tidak berguna.
  • Jangan sering menjalankan aplikasi secara bersama-sama. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kinerja RAM.
  • Gunakan antivirus yang bagus untuk menangkal virus yang masuk dalam laptop anda. Dan jangan download aplikasi ataupun hal-hal yang mencurigakan dari internet.
  • Gunakan aplikasi tambahan pembersih untuk membersihkan cache data. Hal ini penting agar Cache dalam laptop Anda ukurannya tetap terjaga.
  • Partisi System yang berada dalam data C menjadi lebih besar.
  • Upgrade Ram milik anda dengan ukuran RAM yang lebih besar.
  • Anda dapat menggunakan cooling pad ataupun kipas agar prosesor anda tidak panas.

Demikian adalah beberapa cara mengatasi laptop lemot. Semoga artikel yang saya sampaikan bermanfaat. Jangan lupa share dan komen artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

 

One thought on “Inilah Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *