Cara Menggunakan Iklan YouTube untuk Mengembangkan Bisnis Anda
Cara Menggunakan Iklan YouTube untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Cara Menggunakan Iklan YouTube untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Diposting pada

YouTube dengan cepat menjadi media iklan pilihan pengiklan. Saat ini memiliki 2 miliar pengguna aktif, memberikan perusahaan jangkauan yang lebih besar dari calon pelanggan.

YouTube juga merupakan platform berbagi video paling populer di dunia, media sosial terbesar kedua untuk influencer, dan mesin pencari paling populer kedua secara global. Semua angka ini menunjukkan satu kesimpulan: YouTube adalah platform yang sangat baik untuk mengembangkan bisnis Anda.

Bisnis dari semua ukuran memanfaatkan kekuatan keunggulan YouTube dan memanfaatkan media untuk mencapai audiens target mereka. Iklan YouTube memungkinkan Anda menjangkau banyak pemirsa sekaligus mengurangi kemungkinan penargetan Anda berdasarkan karakteristik seperti geografi dan bahasa.

Artikel ini menguraikan cara kerja Iklan YouTube dan menawarkan panduan langkah demi langkah untuk menjalankan Iklan YouTube untuk merek Anda.

Cara Menggunakan Iklan YouTube untuk Mengembangkan Bisnis Anda
Cara Menggunakan Iklan YouTube untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Apa sebenarnya Iklan YouTube itu?

Iklan YouTube ditempatkan melalui Google Ads dan merupakan cara untuk mempromosikan konten video di jaringan media sosial atau melalui mesin pencari. Individu dan perusahaan dapat menggunakan iklan YouTube untuk memperluas visibilitas konten video mereka, dan iklan dapat disiapkan untuk meningkatkan penayangan dan pengaruh video.

Manfaat Iklan YouTube

Berikut adalah ikhtisar alasan mengapa merek menggunakan iklan YouTube:

Perluas jangkauan Anda: YouTube memiliki lebih dari 2 miliar pengguna yang masuk setiap bulan, dan angka ini diproyeksikan akan terus meningkat. Hasilnya, iklan YouTube dapat menjangkau banyak orang.

Pengoptimalan sederhana: Iklan YouTube memberikan pilihan pengoptimalan yang bermanfaat. Iklan video Anda dapat ditargetkan berdasarkan subjeknya, kategori terkait preferensi pengguna, kata kunci, dan demografi (misalnya, usia dan jenis kelamin).

Penargetan yang disempurnakan: Pengoptimalan pemasaran yang baik memerlukan lebih dari sekadar menargetkan orang yang ingin Anda libatkan. Penargetan yang lebih canggih memungkinkan Anda mengecualikan pemirsa yang tidak tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Langkah-langkah di bawah ini akan memandu Anda melalui cara menggunakan YouTube untuk meningkatkan bisnis Anda.

Buat Chanel YouTube

Langkah pertama dalam mengembangkan iklan YouTube yang layak adalah membangun saluran Anda melalui bagian “Semua Saluran Saya”. Saluran YouTube Anda adalah tempat Anda dapat mengunggah berbagai video, termasuk iklan Anda. Karena judul saluran YouTube Anda memengaruhi strategi branding dan peringkat SEO Anda, ada baiknya Anda memasukkan kata kunci penting dan relevan di dalamnya.

Membuat dan memposting iklan video Anda

Untuk membuat video YouTube, Anda tidak memerlukan peralatan kamera yang mahal, dan banyak smartphone yang dilengkapi dengan teknologi yang diperlukan.

Cukup rekam konten video yang Anda butuhkan dan pilih penyunting video youtube untuk menyatukan berbagai adegan, menambahkan transisi, soundtrack, dan banyak lagi.

Ingatlah keterbatasan waktu. Jika Anda memilih iklan bumper, misalnya, rekaman Anda tidak boleh lebih dari enam detik.

Setelah video Anda selesai, kirimkan ke saluran YouTube Anda dan pilih format iklan yang sesuai. Saat memutuskan jenis iklan, ingatlah tujuan Anda.

Pastikan untuk memahami konteks platform dan memberi nilai pada iklan Anda. Masukkan informasi Anda yang paling menarik dalam tiga hingga 30 detik pertama iklan Anda.

Hubungkan saluran YouTube Anda ke Google Ads.

Google Ads mengelola iklan YouTube. Salah satu langkah awal dalam menggunakan YouTube Ads adalah menghubungkan akun YouTube dan Google Adwords Anda, dan begini caranya:

Masuk ke akun Google Ads Anda.

Di bagian atas halaman, pilih “Alat”.

Kemudian, di bawah menu tarik-turun “Pengaturan”, pilih “Akun Tertaut”.

Untuk menambahkan saluran YouTube Anda, ikuti petunjuk yang akan muncul di layar.

Optimalkan Bio Perusahaan

Anda Saat meluncurkan saluran YouTube, Anda akan diminta untuk memasukkan deskripsi untuk bisnis atau perusahaan Anda. Jangan anggap remeh, dan luangkan waktu untuk menyusun deskripsi Anda secara menyeluruh, karena lebih dari 80% orang yang mengunjungi halaman Anda akan membacanya.

Jadi, bagaimana Anda meningkatkan bio merek Anda?

Salah satu strategi untuk meningkatkan bio Anda adalah memasukkan tautan ke situs web Anda dalam ringkasan Anda, meningkatkan lalu lintas ke situs web atau media sosial Anda akun. Targetkan kata kunci dalam 70 karakter pertama dari deskripsi Anda sehingga video YouTube Anda muncul di halaman pencarian saat pengguna mencari kata terkait.

Tetapkan anggaran, jadwal, dan strategi penawaran Anda

Segera setelah format iklan kampanye dan Video, Google Ads akan meminta Anda untuk memasukkan anggaran, menetapkan batas waktu, dan memilih strategi penawaran. Mengembangkan strategi penawaran adalah prosedur panjang yang akan memerlukan pengujian yang signifikan. Namun, satu-satunya cara untuk mendapatkan hasil maksimal dari YouTube adalah memberikan segalanya dalam langkah ini. Mulailah dengan menghubungkan saluran YouTube Anda ke akun Google Adwords Anda. Pilih Cost Per View (CPV) sebagai kampanye Anda, menyiratkan bahwa Anda hanya akan dikenakan biaya jika orang-orang menonton setidaknya 30 detik iklan Anda.

Setelah itu, Anda dapat menetapkan batas tawaran. Ini adalah harga yang bersedia Anda bayar untuk setiap orang yang melihat iklan Anda.

Pilih lokasi, bahasa, dan audiens target.

Anda sekarang dapat mengambil tindakan untuk menargetkan iklan Anda dengan lebih tepat. Tetapkan lokasi individu yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan. Ini bisa sangat bermanfaat bagi perusahaan kecil yang ingin menargetkan pasar lokal mereka.

Selanjutnya, tentukan bahasa audiens yang diinginkan. Ini sangat penting jika Anda melakukan bisnis di pasar di mana banyak bahasa digunakan.

Terakhir, tentukan siapa target demografis Anda. Dalam hal spesifik seperti usia dan jenis kelamin, Anda harus memiliki gagasan yang baik tentang siapa yang ingin Anda jangkau dengan barang atau jasa Anda.

Sekarang Anda juga dapat menargetkan individu berdasarkan minat mereka di YouTube.

Pilih format Iklan yang tepat.

Tidak ada iklan satu ukuran untuk semua untuk setiap kampanye YouTube. Pada akhirnya, Anda harus menguji format iklan mana yang berkinerja efektif untuk merek Anda. Jenis iklan YouTube yang paling umum adalah iklan video in-stream. Iklan ini biasanya berdurasi 60 detik; namun, jika Anda ingin itu dapat dilewati, Anda hanya diperbolehkan hingga 15 detik.

Terhubung dengan pemirsa

Hanya karena iklan youtube Anda aktif dan berjalan tidak berarti Anda harus membiarkannya begitu saja. Untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda, Anda harus berinteraksi dan terlibat dengan audiens target Anda, dan kehadiran internet yang lebih tinggi menciptakan kesan pertama yang lebih baik dan menghasilkan lebih banyak prospek.

Anda dapat menggunakan bagian komentar di bawah video Anda untuk memelihara prospek dan menjawab pertanyaan merek terkait. Jadi pastikan bahwa Anda dapat menanggapi pelanggan yang meninggalkan komentar terkait.

Mengukur kinerja dan konversi

Salah satu fitur terbaik Google Ads adalah kemampuan untuk melacak seberapa efektif iklan Anda beroperasi. Hal ini memungkinkan Anda untuk memutuskan di mana menghabiskan anggaran iklan Anda.

Jika Anda telah menetapkan pelacakan konversi di Google Ads, Anda harus terus memeriksa metrik kualitas kampanye Anda.

Ubah Prospek menjadi Pelanggan Realtime

Jadi, ke mana Anda ingin pemirsa iklan Anda pergi setelah mereka mengkliknya? Ini adalah pertanyaan terakhir dan paling penting untuk ditanyakan saat beriklan di YouTube. Seperti yang Anda lihat, saat meluncurkan iklan YouTube, Anda harus memiliki tujuan, dan tujuannya adalah mengubah pemirsa menjadi klien.

Menyertakan ajakan bertindak mungkin merupakanpaling strategi efektif untuk mengubah prospek menjadi konsumen yang membeli. Video dengan ajakan bertindak yang jelas lebih efektif.

Ajakan bertindak yang dikombinasikan dengan penawaran telah terbukti mengubah prospek menjadi pelanggan dengan cepat dan efektif. Akibatnya, Anda harus memanfaatkan kesempatan untuk menyoroti penawaran Anda yang paling signifikan.

Oleh karena itu, jika Anda mengetahui cara menggunakan iklan YouTube dengan benar, iklan tersebut dapat meningkatkan kesadaran merek dan bertindak sebagai strategi periklanan dan pemasaran ulang yang hebat.

Jadi, tanpa basa-basi lagi, maksimalkan jangkauan merek Anda dengan meluncurkan saluran dan kampanye YouTube Anda sendiri!

Baca Juga : 

Aplikasi Video Bokeh Full HD Mp3 Mp4 No Sensor Viral

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *