Cara Membuat Livery Bussid dengan Photo Editor untuk Mempercantik Tampilan Busmu

Cara Membuat Livery Bussid dengan Photo Editor untuk Mempercantik Tampilan Busmu
Cara Membuat Livery Bussid dengan Photo Editor untuk Mempercantik Tampilan Busmu

Bus Simulator Indonesia atau Bussid, adalah game simulator bis yang populer di Indonesia. Menjadi pengemudi bis yang handal dan menjelajahi berbagai daerah di Indonesia adalah tujuan dari game ini. Satu fitur menarik dari game ini adalah kemampuan untuk membuat desain livery kendaraan bis sendiri. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat livery Bussid dengan photo editor untuk membuat kendaraan bus pribadi Anda menjadi lebih unik dan menarik.

1. Pilih photo editor yang sesuai

Sebelum memulai membuat livery Bussid, pastikan memiliki photo editor yang sesuai dan sudah terinstall di perangkat. Ada banyak aplikasi photo editor yang bisa digunakan, misalnya Adobe Photoshop, CorelDraw, atau bisa menggunakan aplikasi gratis seperti PicsArt atau Canva.

2. Pilih gambar yang ingin digunakan

Setelah memiliki photo editor yang sesuai, langkah selanjutnya adalah memilih gambar yang akan digunakan sebagai dasar pembuatan livery. Pilihlah gambar dengan resolusi yang tinggi agar hasilnya tetap terlihat berkualitas meskipun diperbesar pada kendaraan Bussid.

3. Persiapkan templat livery

Sebelum mulai membuat, persiapkan dulu templat livery sesuai dengan model dan ukuran kendaraan Bussid yang akan diberikan livery. Ada banyak templat livery yang bisa ditemukan di internet atau bisa juga membuatnya sendiri sesuai dengan kebutuhan.

4. Buat sketsa design pada gambar dasar

Setelah gambar dasar dan templat livery tersedia, sekarang saatnya mulai membuat sketsa design pada gambar dasar. Lakukan dengan hati-hati untuk menghasilkan desain yang bagus dan juga sesuai dengan keinginan.

5. Tambahkan warna dan detail pada desain livery

Setelah sketsa siap, tambahkan warna dan detail pada desain livery. Pilihlah warna yang sesuai dan juga detail yang menarik agar hasilnya lebih menarik dan enak dipandang.

BACA JUGA :   Cara Pasang OBB Bussid Tanpa Aplikasi dengan Mudah

6. Periksa dan koreksi desain

Setelah semua selesai, periksa kembali desain livery yang sudah dibuat. Pastikan detailnya lengkap dan sesuai dengan keinginan serta tidak ada kesalahan atau kekurangan.

7. Simpan dan export desain

Setelah selesai melakukan pengecekan, selanjutnya simpan dan export desain yang sudah dibuat. Pastikan untuk menyimpan dalam format yang kompatibel dengan kendaraan Bussid.

8. Pemasangan livery pada game Bussid

Setelah desain livery sudah disimpan dan diexport, barulah lakukan pemasangan livery pada game Bussid. Buka game Bussid, pilih menu kendaraan, lalu pilih edit dan pilih bagian livery, lalu upload file livery yang sudah dibuat.

9. Periksa hasil livery pada kendaraan Bussid

Setelah berhasil memasang livery, sekarang periksa hasil yang sudah diberikan livery pada kendaraan Bussid. Pastikan tampilan livery sudah sesuai dengan desain yang sudah dibuat.

10. Bagikan hasil livery Bussid ke media sosial

Setelah semua selesai, bagikan hasil livery Bussid yang sudah dibuat ke media sosial seperti Instagram atau Facebook. Dengan demikian, bisa memperlihatkan kreativitas dari desain yang telah dihasilkan serta mendapatkan banyak respon dari penggemar game Bussid.

1. Mengapa Membuat Livery Bussid?

Mungkin sebagian dari kita yang masih awam dengan game simulator bussid, bertanya-tanya mengapa harus membuat livery? Kita juga tidak bisa dipungkiri, game yang memiliki penggemar tiada habisnya yang terus bermunculan ini, selain memang menawarkan pengalaman berkendara dengan suasana pedesaan bahkan kota, juga memiliki fitur untuk custom kendaraan yang membuat game ini unik dan menarik.

Livery pada bussid atau biasa disebut dengan skin yang memang dibuat untuk mengubah tampilan exterior kendaraan kita di dalam game menjadi lebih personal dan kita sesuaikan dengan kepribadian kita. Terlebih lagi, dengan game yang populer ini, kita bisa merasakan sensasi berkendara dengan tampilan kendaraan nama perusahaan kita sendiri.

Lalu, apa saja sih yang dibutuhkan untuk membuat livery bussid?

2. Langkah Awal dalam Membuat Livery Bussid

Sebelum memulai membuat livery yang kita inginkan, tentunya kita harus memiliki aplikasi Photo Editor terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai, mulai dari yang berbayar sampai gratis. Setelah memilih aplikasi yang dikira cocok untuk kita, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari gambar kendaraan yang akan kita gunakan sebagai bahan untuk membuat livery.

Gambar kendaraan bisa dicari melalui mesin pencari atau bahkan langsung dari galeri Bussid, namun jika gambar yang disediakan belum sesuai dengan yang kita inginkan, kita bisa merekam jalan atau area yang kita inginkan dalam game kemudian memotretnya dari layar ponsel ketika berada dalam game.

BACA JUGA :   Cara Mode Sultan di Stick War Legacy

3. Pemilihan Skema Warna yang Cocok

Setelah kita mendapatkan gambar yang akan kita gunakan sebagai bahan, tentunya langkah selanjutnya adalah pemilihan skema warna yang ingin kita gunakan pada livery. Pemilihan skema warna yang tepat akan membuat tampilan kendaraan kita menjadi lebih menarik dan keren.

Tidak perlu khawatir untuk memilih kombinasi warna yang tepat, kita bisa mencari referensi warna dari internet atau bahkan dari aplikasi-aplikasi edit photo. Namun sebaiknya, kita harus pandai memilih warna yang sesuai dengan kepribadian kita sesuai dengan kaidah yang berlaku.

4. Pengaturan Ukuran Gambar

Mengedit gambar kendaraan tentu tidaklah semudah itu, bagi sebagian orang yang masih awam dengan dunia editing foto akan merasa kesulitan dalam pengaturan ukuran gambar. Namun tidak perlu khawatir, pengaturan ukuran gambar bisa dilakukan dengan menentukan ukuran dimensinya dengan rasio tertentu.

Sebelum itu, pastikan untuk selalu mengedit foto dengan ukuran yang lebih besar dari resolusi layar ponsel kita agar hasilnya tidak pecah atau blur.

5. Membuat Background pada Kendaraan

Setelah gambar kendaraan yang akan kita edit sudah diukur dan kita tentukan ukurannya secara proporsional, langkah selanjutnya adalah menentukan background pada kendaraan. Kita bisa mengubah warna background pada kendaraan sesuai dengan warna yang kita inginkan atau background transparan.

Jangan lupa untuk melakukan cropping pada background foto sesuai dengan kendaraan yang akan kita edit untuk menyesuaikan ukurannya.

6. Menambahkan Logo Perusahaan atau Nama Pada Kendaraan

Salah satu keuntungan dari game simulator bus ini adalah kita bisa membayar livery kendaraan sesuai dengan keinginan kita. Oleh karena itu, kita bisa menambahkan logo perusahaan atau bahkan nama kita pada livery tersebut.

Untuk menambahkan logo atau nama pada livery, kita bisa memanfaatkan fitur text yang tersedia pada aplikasi edit foto yang kita miliki. Hal ini bisa memberikan kesan yang lebih personal pada kendaraan kita di dalam game.

7. Penambahan Efek dan Detail pada Livery

Agar tampilan livery menjadi lebih menarik dan eye-catching, kita bisa menambahkan efek dan detail pada kendaraan. Beberapa efek yang bisa kita tambahkan pada kendaraan adalah gradien, transparan, atau bahkan shadow.

Selain itu, kita bisa menambahkan detail pada livery seperti garis-garis khusus atau bahkan gambar grafitti pada kendaraan kita.

8. Mengatasi Kesalahan pada Livery

Tentunya tidak mudah untuk membuat livery kendaraan kita, mengalami kegagalan dan kesalahan adalah hal yang wajar. Namun ketika terjadi kesalahan kita tidak perlu panik.

Beberapa kesalahan yang kerap terjadi pada livery adalah terdapat bagian yang tidak rata atau gambar yang tidak sinkron. Hal ini bisa diselesaikan dengan melakukan pengeditan ulang pada gambar kendaraan di aplikasi edit photo.

BACA JUGA :   Cara Menambahkan URL Radio pada Bus Simulator Indonesia (BUSSID)

9. Penyimpanan dan Export Livery

Setelah selesai melakukan editing dan menemukan livery yang ideal untuk kendaraan kita, kita harus menyimpan dan mengekspor gambar tersebut agar bisa dipakai dalam game. Pastikan untuk selalu menyimpan gambar dengan format png atau jpg agar hasilnya lebih maksimal dan tidak pecah.

10. Penambahan Livery di Game Simulator Bus

Setelah gambar livery kita simpan dan Anda selesai mengunduh ke dalam game, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan livery tersebut ke dalam game. Caranya, kita buka game simulator bussid, kemudian masuk ke menu MOD, pilih menu livery bus, lalu kita pilih gambar yang sudah kita unduhkan tadi.

Sekarang kita sudah berhasil membuat livery bussid dengan aplikasi Photo Editor! Selamat mencoba dan semoga berhasil untuk kamu semua. Selamat menjelajahi pedesaan atau bahkan kota dengan livery bus favorit kamu, kreativitasmu, tidak ada batas!

Memilih Photo Editor

Untuk membuat livery Bussid, Anda memerlukan photo editor. Photo editor yang Anda gunakan akan mempengaruhi hasil akhir livery Bussid Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih photo editor yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih photo editor:

Kompatibilitas dan Kemudahan Penggunaan

Pastikan photo editor yang Anda pilih kompatibel dengan perangkat Anda dan mudah digunakan. Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk belajar cara menggunakan aplikasi baru, terutama jika Anda baru dalam dunia desain grafis. Beberapa aplikasi photo editor populer untuk livery Bussid adalah Adobe Photoshop, CorelDRAW, dan GIMP.

Fitur yang Tersedia

Setiap photo editor memiliki fitur yang berbeda-beda. Pastikan photo editor yang Anda pilih memiliki fitur yang Anda butuhkan. Beberapa fitur yang berguna untuk livery Bussid antara lain penghapusan latar belakang, penambahan teks, penyesuaian warna, dan pena penggambar.

Kualitas Hasil Akhir

Anda juga perlu mempertimbangkan kualitas hasil akhir dari photo editor yang Anda pilih. Pastikan photo editor mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang dapat dicetak pada berbagai ukuran.

Biaya

Ada beberapa aplikasi photo editor yang gratis, tetapi memiliki keterbatasan fitur. Beberapa aplikasi lainnya memiliki biaya berlangganan yang dapat menjadi mahal jika digunakan untuk waktu yang lama. Pastikan Anda mempertimbangkan anggaran Anda ketika memilih photo editor.

Rekomendasi

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi photo editor yang dapat Anda gunakan untuk membuat livery Bussid:

Nama Aplikasi Photo Editor Tipe Aplikasi Harga
Adobe Photoshop Dekstop Berlangganan
CorelDRAW Dekstop Pembelian Sekali
GIMP Dekstop, Gratis Gratis
Canva Web-based, Aplikasi mobile Gratis, Berlangganan

Ketika memilih aplikasi photo editor, pastikan Anda mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda sendiri. Selamat mencoba!

Bagi yang ingin memodifikasi livery kendaraan di game Bus Simulator Indonesia (BUSSID), bisa mencari referensi di download-mod-bussid-terbaru untuk mendapatkan berbagai mod dan cara pembuatannya.

Terima Kasih Telah Membaca

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat livery Bussid menggunakan photo editor, tinggal kamu praktekkan saja melalui langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Jangan ragu untuk mencoba, karena semakin kamu sering berlatih maka hasilnya semakin baik. Jangan lupa untuk selalu berkreasi dengan ide-ide terbaru kamu dalam membuat livery yang unik dan menarik. Terima kasih lagi telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk kembali mengunjungi blog kami untuk update terbaru seputar Bussid dan game lainnya. Sampai jumpa di lain kesempatan, dan selamat berkarya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *