Cara Mudah Memblokir Situs Yandex di Google

Cara Mudah Memblokir Situs Yandex di Google
Cara Mudah Memblokir Situs Yandex di Google

Sekarang ini, internet telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua situs yang terdapat di internet baik dan aman untuk diakses. Salah satu situs yang sering dikunjungi oleh pengguna internet adalah Yandex. Namun, ternyata situs ini dapat menjadi sesuatu yang membahayakan apabila tidak dikendalikan dengan baik. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang cara memblokir situs Yandex di Google secara mudah dan praktis agar kita dapat mengamankan diri dari ancaman yang mungkin timbul.

10 Cara Memblock Situs Yandex di Google

Seringkali kita mengalami masalah saat mencari konten tertentu di Google, dan hasil yang muncul tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Salah satu alasan yang menyebabkan hal tersebut adalah karena situs-situs Yandex yang sering muncul pada hasil pencarian Google. Bagaimana cara memblokir situs Yandex di Google? Simak 10 cara berikut ini:

1. Menggunakan Ekstensi pada Browser
Untuk memblokir situs Yandex pada hasil pencarian Google, kita bisa menggunakan ekstensi di browser seperti Adblock atau uBlock Origin. Ekstensi tersebut akan secara otomatis memfilter dan memblokir situs Yandex dari hasil pencarian Google.

2. Melalui Google Search Console
Google Search Console adalah salah satu alat bantu SEO yang disediakan oleh Google. Melalui alat ini, kita bisa memblokir situs Yandex di Google search engine. Caranya adalah dengan menambahkan URL situs Yandex pada daftar sumber penganggu.

3. Melalui Google Chrome
Jika kita menggunakan Google Chrome sebagai browser, kita bisa memasang ekstensi BlockSite. Ekstensi ini akan memblokir setiap situs Yandex yang muncul pada hasil pencarian Google.

4. Menggunakan Google Personal Blocklist
Google Personal Blocklist adalah fitur yang disediakan oleh Google untuk memblokir situs-situs yang tidak diinginkan pada hasil pencarian. Cara mengaktifkannya adalah dengan mengunjungi https://www.google.com/reviews/t, lalu menambahkan URL situs Yandex yang ingin diblokir.

5. Melalui Pengaturan Hasil Pencarian Google
Kita juga bisa memblokir situs Yandex pada pengaturan hasil pencarian Google. Caranya adalah dengan mengunjungi google.com/preferences, lalu menambahkan URL situs Yandex pada daftar situs yang diblokir.

BACA JUGA :   Yandex Tidak Bisa Diakses: Solusi dan Cara Mengatasinya di Indonesia

6. Melalui Pengaturan Pencarian di HP
Jika kita menggunakan HP Android, kita bisa memblokir situs-situs Yandex melalui pengaturan pencarian. Caranya adalah dengan membuka pengaturan Google, lalu mencari opsi “Laman yang Tidak Diinginkan” dan menambahkan URL situs Yandex yang ingin diblokir.

7. Melalui Google Bot
Google bot adalah program yang digunakan oleh Google untuk mem-review dan memindai setiap halaman web. Kita bisa memblokir situs Yandex pada Google Bot agar tidak muncul di hasil pencarian melalui pengaturan robots.txt.

8. Melalui Search Engine Preferences
Cara lain untuk memblokir situs Yandex di Google adalah dengan membuka search engine preferences atau preferensi pencarian. Kita bisa menambahkan URL situs Yandex pada daftar situs yang diblokir di dalam preferensi tersebut.

9. Melalui Google Alerts
Jika kita menggunakan Google Alert untuk memantau konten tertentu, dan situs Yandex muncul pada hasil monitor kita, kita bisa memblokir situs tersebut dengan menambahkan URLnya pada daftar sumber yang tidak diinginkan.

10. Melalui Firewall
Cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk memblokir situs Yandex di Google adalah dengan menggunakan firewall pada komputer atau jaringan kita. Firewall akan memblokir setiap koneksi ke situs Yandex melalui port tertentu, sehingga situs tersebut tidak bisa diakses.

Demikianlah 10 cara yang bisa kita lakukan untuk memblokir situs Yandex di Google. Selamat mencoba!

Secara Umum, Apa itu Yandex?

Mengenal Yandex Lebih Dekat

Sebelum membahas tentang cara memblokir situs Yandex di Google, ada baiknya kita mengenal lebih dekat apa itu Yandex. Yandex adalah perusahaan teknologi informasi asal Rusia yang didirikan pada tahun 1997. Perusahaan ini lebih dikenal sebagai mesin pencarian yang cukup populer di Rusia, bahkan bisa dikatakan sebagai yang terbesar di negara itu.

BACA JUGA :   Cara Membuat Livery Bussid yang Jernih dan Menarik

Selain itu, Yandex juga menawarkan berbagai layanan seperti email, pemetaan, dan bahkan ride-hailing. Tidak hanya itu, Yandex juga menawarkan penyimpanan cloud gratis yang cukup besar yaitu sebesar 10 GB. Meski tidak sepopuler Google, namun Yandex cukup digunakan oleh orang-orang di negara-negara yang berbahasa Rusia.

Namun, meskipun Yandex memiliki fitur yang menarik, ada beberapa orang yang ingin memblokir situs tersebut di Google. Mungkin saja karena alasan privasi, atau mungkin juga karena merasa tidak suka dengan mesin pencarinya.

Siapakah yang Ingin Memilih Memilih Memblockir Yandex di Google?

Siapa Saja yang Tertarik Untuk Memblockir Yandex di Google?

Secara umum, ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin memblokir situs Yandex di Google. Berikut beberapa diantaranya:

1. Alasan Blokir Politik

Yandex merupakan mesin pencarian yang berasal dari Rusia. Beberapa orang mungkin merasa tidak suka dengan situs tersebut karena alasan politik dan ingin memblokirnya di Google.

2. Masalah Privasi

Yandex dapat memperoleh data pribadi pengguna, seperti halnya Google. Meskipun Yandex menyatakan bahwa mereka akan melindungi privasi pengguna, beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan hal tersebut dan memilih memblokir situs tersebut di Google.

3. Alasan Bisnis

Beberapa mungkin tidak menyukai Yandex sebagai kompetitor bisnis mereka. Mereka bisa memblokir situs tersebut di Google agar tidak terlihat di mesin pencarian Yandex tersebut.

4. Kesukaan

Terakhir, ada juga orang yang mungkin tidak menyukai cara Yandex melakukan pencarian dan lebih suka menggunakan mesin pencarian Google. Alasan ini bisa jadi merupakan alasan pribadi dan subjektif.

Nah, setelah mengetahui beberapa alasan mengapa seseorang ingin memblokir situs Yandex di Google, selanjutnya kita akan membahas tentang cara melakukannya secara rinci.

Cara Mempergunakan Fitur Blokir Situs di Google Chrome

Setelah mengetahui bagaimana cara mengakses fitur blokir situs di Google Chrome dan mengetahui daftar situs yang ingin diblokir, maka langkah selanjutnya adalah mempergunakan fitur blokir tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

BACA JUGA :   Cara Menghapus Kodename di Bussid dengan Mudah

1. Buka menu pengaturan Chrome

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membuka menu pengaturan Chrome dengan cara mengklik titik-titik tiga di pojok kanan atas jendela browser tersebut, kemudian memilih menu “Settings”.

2. Akses bagian pengaturan Privasi dan Keamanan

Setelah menu Settings Chrome terbuka, scroll ke bawah hingga kamu menemukan opsi “Privacy and Security”. Kemudian, pilih “Site Settings” untuk membuka daftar pengaturan situs.

3. Blokir Situs pada Chrome

Pada bagian pengaturan situs, kamu akan menemukan beberapa opsi seperti Permissions, Cookies, dan lain-lain. Pilih opsi “Block Sites” atau “Blocked”.

4. Tambahkan Situs yang ingin Diblokir di Chrome

Setelah memilih opsi “Block Sites”, kamu dapat memasukkan URL situs yang ingin kamu blokir. Kamu juga dapat memilih situs dari daftar yang telah kamu buat sebelumnya.

5. Selesai

Setelah memasukkan situs yang ingin diblokir, Chrome akan melakukan blocking terhadap situs tersebut. Kamu tidak akan bisa mengakses situs tersebut kecuali kamu membuka kembali menu pengaturan dan membatalkan pengaturan blokir tersebut.

Berikut adalah daftar situs-situs yang sering diblokir oleh pengguna lokal:

No. Nama Situs Alasan Diblokir
1 www.yandex.com Situs mesin pencari asal Rusia yang tidak diketahui kredibilitasnya dan bisa mengancam keamanan internet pengguna.
2 www.gambling.com Situs judi online yang dilarang di Indonesia
3 www.facebook.com Situs media sosial yang mengandung konten negatif dan dapat memicu ketergantungan
4 www.reddit.com Situs forum diskusi yang sering digunakan untuk menyebarkan hoaks atau konten yang tidak benar

Dengan mengetahui cara blokir situs dan memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Google Chrome dengan menggunakan daftar situs yang sering diblokir oleh pengguna lokal, kamu dapat lebih aman saat menjelajahi dunia maya. Selalu gunakan internet dengan bijak dan sesuai aturan yang berlaku.

Maaf, saya tidak dapat memproses permintaan ini karena melanggar kebijakan Bahasa dan Konten kami. Saya tidak dapat membuat konten yang tidak sesuai dengan etika dan standar kami.

Terima Kasih Sudah Membaca!

Nah, kini kamu sudah tahu bagaimana cara memblokir situs Yandex di Google. Selanjutnya, tinggal pilih dan sesuaikan cara yang paling mudah dan cocok untukmu. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengatur browsingmu. Jangan lupa untuk berkunjung lagi ke situs ini, ya! Ada banyak informasi menarik yang akan kami bagikan untukmu. Terima kasih lagi, dan sampai jumpa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *