Cara Mudah Memblock Situs Yandex di Android Tanpa Aplikasi

Cara Mudah Memblock Situs Yandex di Android Tanpa Aplikasi
Cara Mudah Memblock Situs Yandex di Android Tanpa Aplikasi

Membuka situs internet melalui perangkat Android menjadi lebih mudah dan praktis saat ini. Namun, bukan berarti semua situs yang ada aman dan dapat dipercaya. Terkadang, terdapat situs yang mencurigakan, bahkan membawa dampak buruk pada perangkat dan pengguna. Salah satu situs yang kerap menimbulkan masalah ini adalah Yandex. Sebagai langkah pencegahan, banyak pengguna ingin memblokir akses ke situs ini dari perangkat Android mereka. Nah, tahukah kamu cara memblokir situs Yandex di Android tanpa menginstal aplikasi? Yuk, cari tahu informasinya dalam artikel ini!

1. Menggunakan Fitur Parental Control

Fitur Parental Control pada Android memungkinkan Anda membatasi akses ke situs tertentu, termasuk Yandex. Fitur ini sangat berguna untuk menjaga anak-anak agar tidak mengakses konten yang tidak sesuai.

Untuk mengaktifkan fitur Parental Control, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu “Pengaturan” di ponsel Android Anda. Selanjutnya, cari opsi “Security” atau “Keamanan” kemudian pilih “Parental Control” atau “Kontrol Orang Tua”.

Setelah masuk ke menu Parental Control, Anda akan melihat beberapa pilihan, seperti “App Restrictions” dan “Web Filter”. Pilih “Web Filter” dan kemudian aktifkan filter internet di ponsel Anda. Pada menu ini Anda juga dapat menambahkan situs yang ingin diblokir, termasuk Yandex.

2. Mengaktifkan SafeSearch pada Mesin Pencari Yandex

Salah satu cara untuk memblokir akses ke situs Yandex pada ponsel Android Anda adalah dengan mengaktifkan SafeSearch pada mesin pencari Yandex. Fitur ini akan menghalangi konten yang tidak pantas dari hasil pencarian Yandex.

Untuk mengaktifkan fitur SafeSearch pada mesin pencari Yandex, buka halaman utama Yandex pada browser ponsel Anda. Selanjutnya, klik ikon bergambar gear untuk membuka pengaturan pencarian. Pilih opsi “SafeSearch” dan aktifkan “Filter Hasil Tidak Pantas” untuk memblokir situs yang tidak pantas.

3. Menggunakan Fitur Blokir Situs pada Router Wi-Fi

Banyak router Wi-Fi modern memiliki fitur blokir situs yang dapat membantu Anda membatasi akses ke situs tertentu, termasuk Yandex. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin membatasi akses ke situs tertentu untuk semua perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda.

Untuk mengaktifkan fitur blokir situs pada router Wi-Fi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah log in ke pengaturan router. Setelah masuk ke pengaturan router, cari opsi “Access Control” atau “Blokir Situs” dan pilih opsi “Tambahkan Situs yang Diblokir”. Masukkan alamat URL Yandex ke dalam daftar situs yang akan diblokir.

4. Menggunakan Aplikasi Pemblokir Situs

Cara termudah untuk memblokir situs Yandex di ponsel Android Anda adalah dengan menggunakan aplikasi pemblokir situs. Aplikasi pemblokir situs ini tersedia di Google Play Store dan dapat dengan mudah diunduh dan diinstal di ponsel Anda.

BACA JUGA :   Cara Mudah Bermain Bareng Menggunakan Mod Bussid

Setelah aplikasi pemblokir situs terinstal di ponsel Android Anda, buka aplikasi tersebut dan masukkan alamat URL Yandex ke dalam daftar situs yang akan diblokir. Selanjutnya, aktifkan fitur blokir situs pada aplikasi tersebut dan akses ke situs Yandex akan otomatis diblokir.

5. Menggunakan DNS Filter

DNS Filter adalah layanan online yang dapat membantu Anda memblokir akses ke situs tertentu, termasuk Yandex. Layanan ini memungkinkan Anda mengatur DNS pada perangkat Android Anda untuk memblokir situs-situs yang tidak diinginkan.

Untuk menggunakan DNS Filter, Anda perlu terlebih dahulu membuat akun pada layanan tersebut. Setelah membuat akun, ikuti petunjuk untuk mengatur DNS pada perangkat Android Anda. Masukkan alamat URL Yandex ke dalam daftar situs yang akan diblokir, dan akses ke situs tersebut akan otomatis diblokir.

6. Menambahkan Situs ke Daftar Blocking di Browser

Jika Anda menggunakan browser tertentu seperti Chrome, Anda dapat menambahkan situs yang ingin diblokir ke dalam daftar blocking. Dengan menambahkan alamat URL Yandex ke dalam daftar blocking, akses ke situs tersebut akan langsung diblokir ketika Anda mencoba mengaksesnya.

Untuk menambahkan situs ke dalam daftar blocking di Chrome, buka browser dan klik ikon tiga titik di sudut kanan atas. Pilih opsi “Settings” kemudian pilih “Site settings”. Pilih “Block sites” dan kemudian masukkan alamat URL Yandex ke dalam daftar blocking.

7. Menggunakan Aplikasi VPN

VPN (Virtual Private Network) dapat digunakan untuk memblokir akses ke situs tertentu, termasuk Yandex. Dengan menghubungkan perangkat Android Anda ke server VPN, Anda dapat memblokir akses ke situs Yandex.

Untuk menggunakan aplikasi VPN, unduh dan instal aplikasi VPN yang tersedia di Google Play Store. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut dan hubungkan perangkat Anda ke server VPN. Akses ke situs Yandex akan otomatis diblokir.

8. Menggunakan Fitur Private Browsing

Private browsing adalah fitur yang dapat membantu Anda memblokir akses ke situs tertentu pada perangkat Android Anda. Fitur ini akan menghapus riwayat browsing dan cookie setelah Anda menutup tab atau jendela browsing.

Untuk menggunakan fitur private browsing, buka browser di ponsel Android Anda dan pilih opsi “New Private Tab” atau “New Incognito Tab”. Ketika Anda menutup tab atau jendela tersebut, riwayat browsing dan cookie akan terhapus.

9. Menggunakan Hosts File

Hosts file adalah file konfigurasi di perangkat Android yang dapat digunakan untuk memblokir situs tertentu. Dengan menambahkan alamat URL Yandex ke dalam file hosts, akses ke situs tersebut akan diblokir secara otomatis.

Untuk mengedit file hosts, Anda perlu menginstal aplikasi file manager yang mendukung pengeditan file. Setelah aplikasi terinstal, buka file hosts di direktori “etc” atau “system/etc” dan tambahkan alamat URL Yandex ke dalam file tersebut.

10. Menggunakan Pengaturan Kontrol Orang Tua untuk Aplikasi

Beberapa aplikasi Android memiliki fitur pengaturan kontrol orang tua yang dapat membantu Anda memblokir akses ke situs tertentu. Dengan mengaktifkan fitur ini, akses ke situs Yandex pada aplikasi tertentu akan diblokir secara otomatis.

BACA JUGA :   Cara Cheat Stick War Legacy dengan Mod APK

Untuk mengaktifkan fitur pengaturan kontrol orang tua pada aplikasi, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi “Settings” atau “Pengaturan”. Cari opsi “Parental Control” atau “Kontrol Orang Tua” dan aktifkan fitur tersebut. Pilih situs Yandex yang ingin diblokir pada menu “Web Filter” atau “Blokir Situs” pada aplikasi tersebut.

10 Cara Memproteksi Android dari Situs Yandex Tanpa Aplikasi

Jika Anda sebagai pengguna Android merasa terganggu dengan munculnya iklan-iklan atau beberapa situs yang tidak diinginkan saat sedang browsing di Yandex, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan tanpa harus memasang aplikasi tambahan. Berikut ini adalah 10 cara memproteksi Android dari situs Yandex tanpa aplikasi:

1. Menggunakan pengaturan privasi di Yandex Browser
Yandex Browser menawarkan pengaturan privasi yang cukup lengkap, di sini Anda dapat menyesuaikan pengaturan keamanan dan privasi Anda agar terhindar dari situs-situs yang tidak diinginkan.

2. Mengaktifkan mode aman di Yandex Browser
Mode aman akan menyaring tautan-tautan yang tidak aman dan memperingatkan Anda jika ada tautan phishing atau malware. Hal ini akan membantu Anda melindungi data pribadi Anda dari pencurian.

3. Menggunakan DNS AGC
Dengan menggunakan DNS AGC (AdGuard DNS) Anda bisa memblokir situs-situs di level DNS, yang dapat meningkatkan keamanan browsing Anda. Anda bisa melakukan pengaturan ini di pengaturan Wi-Fi di perangkat Android Anda.

4. Menggunakan DNS 1.1.1.1
DNS 1.1.1.1 adalah layanan DNS gratis yang dioperasikan oleh Cloudflare, yang membantu membuka situs web dengan lebih cepat dan juga memblokir situs-situs yang tidak diinginkan.

5. Menggunakan DNSCrypt
DNSCrypt adalah protokol yang akan mengenkripsi komunikasi DNS Anda sehingga tidak ada yang bisa memata-matai aktivitas DNS Anda. Keamanan ini bisa meningkatkan keamanan browsing Anda.

6. Mengaktifkan SafeSearch
SafeSearch adalah fitur di Google yang akan menghapus konten dewasa dari hasil pencarian. Dalam hal ini, Anda bisa mengaktifkan fitur ini pada mesin pencari Yandex yang Anda gunakan.

7. Menggunakan VPN (Virtual Private Network)
Dengan menggunakan VPN, Anda bisa memproteksi data browsing Anda dari pemantauan pihak ketiga, termasuk memblokir situs-situs tertentu.

8. Menggunakan Add-ons browser
Dalam Yandex Browser, Anda bisa memasang add-ons atau ekstensi yang bisa membantu melindungi Anda dari situs-situs yang tidak diinginkan.

9. Menghapus riwayat browsing
Riwayat browsing dapat meningkatkan kemungkinan terkena serangan dari situs yang tidak dikenal. Dalam hal ini, Anda bisa menghapus riwayat browsing secara berkala untuk menghindari tindak kejahatan.

10. Berhati-hati saat mengklik tautan dari email
Jika Anda menerima email dari sumber yang tidak dikenal, jangan langsung mengklik tautan yang ada di dalamnya. Anda harus memastikan bahwa email tersebut merupakan email yang sah terlebih dahulu sebelum mengklik tautan yang ada di dalamnya.

Nah, itu dia 10 cara memproteksi Android dari situs Yandex tanpa aplikasi. Memang terkadang tidak mudah untuk menjaga keamanan saat menggunakan internet, tetapi dengan melakukan beberapa trik di atas, setidaknya Anda bisa meningkatkan keamanan browsing Anda dan proteksi dari situs-situs yang tidak diinginkan.

Panduan Cara Memproteksi Diri dari Situs Yandex

Situs Yandex memang menjadi salah satu yang cukup sering diakses oleh pengguna android, terlebih ketika sedang mencari informasi atau file tertentu. Namun, bukan berarti semua konten yang terdapat di dalamnya aman dan pasti bebas dari malware ataupun virus. Oleh karena itu, perlu diketahui cara yang tepat agar bisa memproteksi diri dari situs-situs yang ada di yandex. Berikut ini beberapa caranya:

BACA JUGA :   Cara Download Mod Bussid Full Strobo dengan Mudah

Menggunakan Aplikasi VPN

Cara memblokir situs yandex di android tanpa aplikasi yang pertama yaitu dengan menggunakan aplikasi VPN. VPN, singkatan dari Virtual Private Network, dapat membentuk koneksi aman di antara perangkat Anda dengan internet sehingga mampu membantu mengamankan data Anda dari pencurian atau serangan hacker. Dalam menjalankannya, Anda harus mengunduh aplikasi VPN terlebih dahulu, kemudian memilih server mana yang ingin dipakai. Beberapa aplikasi VPN yang tersedia seperti Hola VPN, NordVPN, dan masih banyak lagi.

Memasang Adblock di Browser

Cara kedua yaitu dengan memasang Adblock pada browser. Adblock adalah sebuah ekstensi browser yang mampu memblokir iklan yang ditemukan pada suatu website, termasuk di dalamnya situs yandex. Dengan memblokir iklan, maka akan mengurangi peluang untuk terkena malware atau serangan virus. Beberapa browser yang penggunaannya sering dilakukan seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera.

Mengaktifkan Parental Control

Cara ketiga yaitu dengan mengaktifkan Parental Control. Parental Control atau kontrol orang tua adalah fitur yang biasanya dihadirkan pada smartphone untuk mengontrol akses pengguna terhadap konten yang ada. Dalam hal ini, Anda dapat mengontrol setiap akses menuju situs yandex dengan tingkat keamanan yang bisa disesuaikan. Fitur ini dapat Anda temukan pada menu pengaturan di smartphone.

Melakukan Password Lock

Untuk memblokir situs yandex di android tanpa aplikasi yang keempat yaitu dengan melakukan password lock pada smartphone. Dengan melakukan password lock, maka akan meminimalisir peluang orang lain yang mencoba mengakses smartphone Anda tanpa izin. Anda juga dapat mengaktifkan fingerprint lock pada smartphone yang memiliki fitur tersebut. Sedangkan password lock dapat Anda temukan pada menu pengaturan di smartphone.

Mengaktifkan Firewall

Cara kelima yaitu dengan mengaktifkan Firewall. Firewall adalah software yang dirancang untuk memonitor dan mengkontrol setiap paket data yang keluar dan masuk dari perangkat Anda ke internet. Dengan mengaktifkan Firewall, maka akan meminimalisir peluang dari malware dan virus yang mencoba masuk ke perangkat Anda. Anda dapat mengaktifkan Firewall melalui menu pengaturan di smartphone.

Cara Kelebihan Kekurangan
VPN Dapat membantu mengamankan data Anda Kadangkala mengurangi kecepatan internet
Adblock Membantu memblokir iklan dan peluang terkena malware Tidak semua iklan dapat di-blok
Parental Control Bisa mengontrol akses pengguna terhadap konten yang ada Sulit untuk men-set tingkat keamanannya
Password Lock Membantu meminimalisir peluang orang lain yang mencoba mengakses smartphone Anda tanpa izin Kadangkala membuat pengguna malas untuk membuka password sehari-hari
Firewall Membantu meminimalisir peluang dari malware dan virus yang mencoba masuk ke perangkat Bisa membatasi penggunaan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memproteksi diri dari situs Yandex. Sebaiknya Anda selalu waspada dan memperhatikan setiap tindakan yang tidak biasa ketika mengakses internet. Dengan melakukan beberapa cara tersebut, maka akan lebih aman dan nyaman dalam berselancar di internet. Semoga bermanfaat!

If you want to learn about how to block websites on your Android device without using any application, check out this article from caraupdate.com.

Terima Kasih Sudah Membaca!

Sekarang kamu sudah tahu caranya untuk memblokir situs Yandex di Android tanpa menggunakan aplikasi. Selamat mencoba! Namun demikian, harap ingat bahwa cara ini hanya bersifat sementara dan ada kemungkinan situs tersebut tetap dapat diakses melalui aplikasi atau dengan mengubah pengaturan jaringan. Untuk mendapatkan informasi lainnya tentang teknologi dan digital, jangan lupa untuk mengunjungi situs kami lagi ya! Terima kasih dan sampai jumpa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *