Cara Membuat Slow Motion di TikTok

Cara Membuat Slow Motion di TikTok
Cara Membuat Slow Motion di TikTok

Hai! Bagaimana kabar kalian semua hari ini? Apa yang sedang menjadi pembicaraan hangat di media sosial favorit kalian? Pasti kalian tidak asing dengan aplikasi TikTok, ya? Aplikasi sosial media yang sedang booming ini telah menjadi salah satu tempat favorit bagi para pengguna untuk berbagi kreativitas dan hiburan. Salah satu fitur yang paling populer di TikTok adalah slow motion (slowmo) yang bisa membuat video kita menjadi lebih menarik. Mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya, bagaimana sih cara membuat slowmo di TikTok?

Sebelum kita masuk ke pembahasan tersebut, penting bagi kita untuk mengenal TikTok secara keseluruhan terlebih dahulu. TikTok adalah platform media sosial yang memungkinkan penggunanya membuat dan berbagi video pendek dengan durasi maksimal 1 menit. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur kreatif, termasuk filter, efek suara, dan tentu saja, fitur slow motion yang menjadi salah satu daya tarik utama bagi pengguna.

Cara membuat slowmo di TikTok sebenarnya cukup sederhana. Pertama, buka aplikasi TikTok dan pilih opsi “Buat Video Baru”. Setelah itu, rekam video sesuai dengan keinginan kalian. Setelah merekam, kalian dapat menemukan opsi “Efek” di bagian bawah layar. Ketuk opsi itu, maka akan muncul berbagai macam efek yang tersedia. Cari dan pilih efek slow motion atau biasa disebut dengan “Time” pada daftar efek. Setelah itu, tinggal pilih durasi yang kalian inginkan untuk efek slow motion tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa pemilihan durasi slow motion juga akan mempengaruhi durasi keseluruhan video. Jadi, pastikan kalian menentukan durasi yang tepat agar video terlihat menarik. Jika kalian ingin membuat bagian tertentu dari video menjadi slow motion, kalian juga dapat mengedit video tersebut setelah merekam. Ketuk ikon gunting pada frame yang ingin diubah dan pilih opsi “Speed” di bagian bawah. Pada opsi tersebut, kalian dapat memilih apakah ingin mempercepat (fast motion) atau memperlambat (slow motion) bagian video tersebut.

Dalam mengedit video, pastikan juga untuk memperhatikan musik atau suara latar yang ada dalam video kalian. Karena slow motion dapat mempengaruhi durasi keseluruhan video, adakalanya musik atau suara latar menjadi tidak sinkron. Untuk mengatasi hal ini, TikTok memiliki opsi sinkronisasi suara yang memungkinkan kalian untuk menyelaraskan musik dengan video slow motion kalian.

Membuat slowmo di TikTok memang sangat menyenangkan, terutama jika kalian ingin menambahkan elemen dramatis dalam video kalian. Slow motion memberikan efek yang mendalam dan membuat video terlihat lebih keren. Dengan adanya fitur ini, kita dapat menjadi lebih kreatif dan menjadikan video TikTok kita lebih menarik.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai cara membuat slowmo di TikTok. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin bereksperimen dengan fitur unik ini. Tetaplah bersikap kreatif dalam berbagi konten di TikTok dan jangan lupa untuk menyenangkan diri kalian dalam menjelajahi aplikasi ini. Selamat berkreasi dan semoga sukses! Terima kasih.

1. Menggunakan Fitur Slow Motion Terintegrasi

Salah satu cara yang paling mudah untuk membuat video slow motion di TikTok adalah dengan menggunakan fitur slow motion terintegrasi yang disediakan oleh aplikasi ini. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperlambat video mereka dengan beberapa tingkat kecepatan yang berbeda.

Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka aplikasi TikTok dan pilih opsi “Buat” di bagian bawah layar.

– Rekam video yang ingin Anda buat slow motion.

– Setelah merekam, ketuk ikon “Filter” di bagian kanan bawah layar.

– Pilih opsi “Speed” di bagian atas.

– Anda akan melihat beberapa opsi kecepatan video di bagian bawah layar. Pilih salah satu yang sesuai dengan preferensi Anda.

BACA JUGA :   Bagaimana Cara Menghapus Akun Tiktok dengan Mudah

– Setelah memilih kecepatan yang diinginkan, ketuk tombol “OK” di bagian kanan atas layar.

– Video Anda sekarang akan berubah menjadi slow motion sesuai dengan kecepatan yang Anda pilih.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menggunakan efek slow motion yang lebih kompleks atau memiliki tingkat kecepatan yang tidak disediakan secara default oleh TikTok, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat video slow motion dan mengimpornya ke TikTok.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga:

– Unduh dan instal aplikasi pihak ketiga yang mendukung fitur slow motion, seperti “KineMaster” atau “Slow Motion Video FX”.

– Buka aplikasi yang telah Anda instal dan pilih opsi untuk membuat video baru.

– Rekam video yang ingin Anda buat slow motion atau impor video yang sudah ada ke dalam aplikasi ini.

– Pada aplikasi tersebut, Anda akan menemukan berbagai pilihan efek dan mengatur tingkat kecepatan video.

– Setelah Anda puas dengan pengeditan slow motion video, simpan atau ekspor video tersebut ke galeri perangkat Anda.

– Buka aplikasi TikTok dan pilih opsi “Buat”.

– Impor video slow motion yang telah Anda buat sebelumnya ke dalam TikTok dan bagikan dengan pengikut Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Perekam Video Slow Motion

Jika perangkat Anda tidak memiliki fitur slow motion terintegrasi dan Anda tidak ingin mengunduh aplikasi pihak ketiga, Anda masih bisa membuat video slow motion di TikTok dengan menggunakan aplikasi perekam video slow motion.

Inilah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

– Cari dan unduh aplikasi perekam slow motion dari toko aplikasi perangkat Anda. Beberapa opsi yang populer adalah “Slow Motion Video Maker” atau “Slow Motion Frame Video Player”.

– Buka aplikasi dan ikuti petunjuk atau instruksi yang diberikan untuk merekam video slow motion.

– Setelah merekam video, simpan ke galeri perangkat Anda.

– Buka aplikasi TikTok dan pilih opsi “Buat”.

– Impor video slow motion yang telah Anda rekam sebelumnya ke dalam TikTok dan lanjutkan pengeditan atau langsung bagikan dengan pengikut Anda.

4. Mengonversi Video Normal Menjadi Slow Motion di TikTok

Jika Anda sudah memiliki video yang telah direkam tetapi ingin mengubahnya menjadi slow motion, TikTok juga menyediakan fitur yang memungkinkan Anda mengonversi video normal menjadi slow motion.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah video normal menjadi slow motion di TikTok:

– Buka aplikasi TikTok dan pilih opsi “Buat”.

– Ketuk opsi “Upload” di bagian bawah layar.

– Pilih video normal yang ingin Anda ubah menjadi slow motion dari galeri perangkat Anda.

– Setelah berhasil mengunggah video, ketuk ikon “Filter” di bagian kanan bawah layar.

– Pilih opsi “Speed” di bagian atas layar.

– Pilih kecepatan video yang diinginkan untuk mengubahnya menjadi slow motion.

– Ketuk tombol “OK” di bagian kanan atas layar.

– Video normal Anda sekarang telah diubah menjadi slow motion sesuai dengan kecepatan yang Anda pilih dan siap untuk dibagikan dengan pengikut Anda di TikTok.

1. Menggunakan Fitur Bawaan di TikTok untuk Slow Motion

Salah satu cara untuk membuat slow motion di TikTok adalah dengan menggunakan fitur bawaan aplikasi tersebut. TikTok menawarkan fitur Slow Motion yang memungkinkan pengguna untuk memperlambat video secara otomatis.

Langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini cukup sederhana. Pertama, buka aplikasi TikTok dan pilih opsi “Buat Video”. Kemudian, rekam video yang ingin Anda buat Slow Motion. Setelah merekam, pilih opsi “Edit” di sudut kanan bawah layar. Pada layar pengeditan, Anda akan melihat berbagai ikon dan pilihan fitur.

Cari ikon “Speed” di bagian bawah layar dan tap pada ikon tersebut. Setelah itu, geser slider ke kiri untuk memperlambat video sesuai keinginan. Anda juga dapat menggunakan slider lain di bagian atas layar untuk mengatur sejauh mana video Anda akan diperlambat. Setelah puas dengan hasilnya, tap “Selesai” atau “Next” dan video Slow Motion Anda siap untuk diunggah ke TikTok.

Fitur Slow Motion di TikTok adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk membuat video slow motion di platform ini. Namun, jika Anda ingin lebih banyak kontrol atas efek slow motion Anda, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan. Mari kita lihat solusi selanjutnya!

BACA JUGA :   Siapa yang Membuat TikTok: Mengenal Pencipta Generasi Konten Terpopuler

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Slow Motion

Jika Anda ingin lebih banyak kontrol dan opsi dalam membuat slow motion di TikTok, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store atau App Store yang memungkinkan Anda memperlambat video dengan cara yang lebih spesifik.

Salah satu aplikasi yang populer untuk membuat slow motion adalah “Kapwing”. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur pengeditan video, termasuk opsi slow motion. Anda dapat mengimpor video TikTok Anda ke aplikasi ini, memperlambatnya sesuai keinginan, dan kemudian menyimpannya kembali ke galeri ponsel Anda. Setelah itu, Anda dapat mengunggah video slow motion tersebut ke TikTok.

Fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi seperti Kapwing adalah pengaturan tingkat kecepatan dan penggunaan efek transisi. Ini memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam menciptakan efek slow motion yang sempurna sesuai dengan kreativitas Anda.

Bermain-mainlah dengan aplikasi-aplikasi ini dan eksplorasi fitur-fitur yang tersedia. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil slow motion yang lebih unik dan menarik yang akan menonjol di TikTok.

3. Memilih Lagu yang Tepat

Selain menggunakan fitur bawaan atau aplikasi pihak ketiga, memilih lagu yang tepat juga dapat membantu dalam menciptakan efek slow motion yang menarik di TikTok. Beberapa lagu populer dan tren di TikTok memiliki ritme yang lambat atau alunan musik yang rileks, yang cocok untuk video slow motion yang diinginkan.

Cobalah untuk browsing trend musik di TikTok dan cari lagu-lagu yang cocok dengan video Anda. Anda juga dapat menjelajahi genre musik yang bisa ditemukan di bagian “Discover” di aplikasi. Pilih lagu yang memiliki alunan musik lambat, keras, atau menciptakan atmosfer yang rileks.

Dengan memilih lagu yang tepat, Anda dapat meningkatkan suasana video slow motion di TikTok Anda dan membuatnya lebih menarik bagi penonton. Ingatlah untuk selalu menggunakan lagu yang sesuai dengan konten video Anda dan mengikuti hak cipta yang berlaku.

4. Menggunakan Trik Kreatif dalam Video Slow Motion

Terakhir, untuk menciptakan video slow motion yang unik dan mencuri perhatian di TikTok, Anda dapat menggunakan trik kreatif. Beberapa trik yang bisa Anda coba adalah:

– Pergantian posisi saat video diperlambat: Cobalah untuk memulai gerakan cepat dan kemudian memperlambatkannya secara tiba-tiba. Hal ini dapat menciptakan efek menarik dan dramatis pada video slow motion Anda.

– Gunakan objek jatuh: Mengambil video objek jatuh seperti air, bola, atau benda lain dapat memberikan efek slow motion yang menarik. Cobalah memperlambat rekaman jatuh tersebut untuk menciptakan kesan dramatis.

– Lupakan latar belakang: Dengan menggunakan latar belakang yang sederhana atau mengatur fokus pada objek utama, Anda dapat memberikan kesan lebih dramatis pada video slow motion.

Ingatlah bahwa eksperimen dan kreativitas adalah kunci utama untuk menciptakan video slow motion yang menarik di TikTok. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan temukan gaya serta trik yang sesuai dengan kepribadian dan minat Anda.

1. Menggunakan Fitur Bawaan TikTok untuk Slow Motion

TikTok adalah salah satu platform media sosial yang populer saat ini, terutama untuk berbagi video pendek dengan efek-efek menarik. Salah satu efek yang sering digunakan adalah slow motion atau gerakan lambat. Bagaimana cara membuat slow motion di TikTok? Berikut adalah solusinya.

Untuk membuat slow motion di TikTok, Anda bisa menggunakan fitur bawaan aplikasi TikTok itu sendiri. Setelah Anda merekam video yang ingin dijadikan slow motion, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi TikTok dan pilih tombol “+” di bagian bawah layar untuk mulai merekam video baru.
2. Rekam video seperi biasa dengan menekan tombol utama. Pastikan Anda merekam adegan yang ingin dijadikan slow motion.
3. Setelah merekam video, klik ikon tanda centang atau tombol “Selesai” di kanan bawah layar untuk masuk ke halaman pengeditan.
4. Di bagian bawah layar, pilih ikon “Speed” yang terlihat seperti lonceng.
5. Pilih pilihan “Slow” dengan icon kura-kura untuk membuat video bergerak lambat.
6. Anda juga dapat menyesuaikan kecepatan slow motion dengan menggeser slider ke arah kiri sebanyak yang Anda inginkan.
7. Setelah pengaturan slow motion selesai, klik ikon centang di kanan bawah layar.
8. Anda dapat melihat pratinjau video slow motion Anda dan mengeditnya lebih lanjut jika diperlukan.
9. Setelah selesai mengedit, klik tombol “Next” untuk melanjutkan proses pengunggahan video Anda di TikTok.

BACA JUGA :   Kenapa Samsung A6 Sering Lag saat Menggunakan TikTok?

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Membuat Slow Motion di TikTok

Selain menggunakan fitur bawaan TikTok, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat slow motion di TikTok. Beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan antara lain “Slow Motion Video FX” atau “VivaVideo”. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan salah satu aplikasi ini:

1. Unduh dan instal aplikasi pihak ketiga yang ingin Anda gunakan dari toko aplikasi.
2. Buka aplikasi dan cari opsi “New Project” atau “Create” untuk membuat proyek baru.
3. Pilih video yang ingin Anda ubah menjadi slow motion dari galeri ponsel Anda.
4. Kemudian, cari opsi “Speed” atau “Slow Motion” di aplikasi tersebut dan atur kecepatan video sesuai keinginan Anda.
5. Setelah selesai mengedit slow motion, simpan proyek tersebut di galeri ponsel Anda.
6. Buka aplikasi TikTok dan unggah video slow motion yang telah Anda edit. Anda juga dapat mengonfigurasi efek atau filter tambahan di TikTok jika diinginkan.

3. Menggunakan Fitur Edit Video di TikTok

Selain slow motion bawaan dan aplikasi pihak ketiga, Anda juga dapat memanfaatkan fitur edit video di TikTok untuk membuat slow motion. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi TikTok dan pilih tombol “+” di bagian bawah layar untuk mulai merekam video baru.
2. Rekam video seperi biasa dengan menekan tombol utama. Pastikan Anda merekam adegan yang ingin dijadikan slow motion.
3. Setelah merekam video, klik ikon tanda centang atau tombol “Selesai” di kanan bawah layar untuk masuk ke halaman pengeditan.
4. Di bagian bawah layar, pilih opsi “Edit” dan pilih video yang ingin Anda ubah.
5. Pada panel sebelah kanan, Anda akan menemukan ikon tanda tambah (+) di bagian bawah.
6. Ketuk ikon tersebut, dan Anda akan melihat berbagai pilihan efek dan filter.
7. Cari pilihan “Time” atau “Waktu” dan pilih “Slow Motion”.
8. Sesuaikan kecepatan slow motion dengan menggeser slider ke arah kiri sebanyak yang Anda inginkan.
9. Setelah pengaturan slow motion selesai, klik centang di kanan bawah layar.
10. Anda dapat melihat pratinjau video slow motion Anda dan mengeditnya lebih lanjut jika diperlukan.
11. Setelah selesai mengedit, klik tombol “Next” untuk melanjutkan proses pengunggahan video di TikTok.

4. Mengedit Slow Motion di Aplikasi Pengedit Video Eksternal

Selain menggunakan fitur bawaan dan aplikasi pihak ketiga, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengedit video eksternal untuk secara rinci mengedit slow motion sebelum mengunggahnya ke TikTok. Salah satu aplikasi populer adalah “Adobe Premiere Rush”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh dan instal aplikasi pengedit video eksternal yang ingin Anda gunakan dari toko aplikasi.
2. Buka aplikasi dan cari opsi “New Project” atau “Create” untuk membuat proyek baru.
3. Pilih video yang ingin Anda ubah menjadi slow motion dari galeri ponsel Anda.
4. Setelah video dimuat di dalam proyek, cari opsi “Speed” atau “Slow Motion” dan atur kecepatan video sesuai keinginan Anda.
5. Sesuaikan bagian mana yang ingin Anda jadikan slow motion dan atur transisi yang diinginkan.
6. Setelah selesai mengedit slow motion sebagaimana yang Anda inginkan, simpan proyek tersebut.
7. Buka aplikasi TikTok dan unggah video slow motion yang telah Anda edit dari galeri ponsel Anda.
8. Anda juga dapat mengedit video lebih lanjut di TikTok, seperti menambahkan efek-efek atau filter tambahan jika diinginkan.

Dengan mengikuti salah satu solusi di atas, Anda dapat membuat slow motion di TikTok dengan mudah sesuai keinginan!

Berikut ini adalah link yang relevan untuk artikel tentang “bagaimana cara membuat slowmo di TikTok” berdasarkan daftar JSON yang diberikan:

1. Cara membuat slowmo di TikTok: Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana cara membuat slow motion di TikTok. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat membuat video slowmo yang menarik di TikTok.

Mohon dicatat bahwa link yang relevan hanya ada satu, dan dalam format yang disebutkan di atas.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas bagaimana cara membuat slowmo di TikTok. Cara termudah adalah dengan menggunakan fitur bawaan di aplikasi TikTok itu sendiri. Namun, jika ingin menghasilkan efek slow motion yang lebih halus dan profesional, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Kinemaster atau InShot. Meskipun mungkin terdapat beberapa kendala saat membuat slowmo di TikTok, dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan di artikel ini, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dan mempelajari bagaimana cara membuat video slowmo yang menakjubkan di TikTok. Selamat mencoba dan happy TikToking!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *