Aplikasi Covid PeduliLindungi
Aplikasi Covid PeduliLindungi

Aplikasi Covid : PeduliLindungi Dan Cara Kerjanya

Diposting pada

2. Anda masuk ke zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

3 Anda tetap berada di zona merah selama 30 menit.

Bagaimana dengan kerahasiaan Pribadi (Privacy)?

Data yang kami kumpulkan adalah identitas gadget dan waktu (timestamp) saat Anda berada dalam radius yang dekat dengan gadget lain yang terinstall PeduliLindungi.

Aplikasi akan merekam data proximity (kedekatan) satu ponsel dengan ponsel lainnya tersebut dalam format yang terenkripsi. Aplikasi tidak merekam data geolokasi Anda. Nomor ponsel yang didaftarkan akan direlasikan dengan ID random di dalam server yang aman. Data Anda juga tidak akan diakses kecuali Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Hal tersebut dimaksudkan untuk melindungi kerahasiaan pribadi Anda.

Kapan saya harus memeriksakan diri?

Apabila Anda dihubungi oleh petugas kesehatan, sebagai hasil analisa aplikasi PeduliLindungi, berarti Anda punya riwayat kontak dengan penderita COVID-19 positif, PDP, atau ODP. Maka silakan periksakan diri Anda.

Selain itu, sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak berwenang atau pemerintah, Anda juga dapat menghubungi 119 ext. 9 atau periksa ke Rumah Sakit rujukan jika:

1 Pernah berkunjung ke daerah endemis COVID-19 dalam 14 hari terakhir dan mengalami gejala seperti demam di atas 38°C, batuk, dan sesak nafas yang tidak kunjung membaik.

2 Pernah kontak langsung dengan pasien COVID-19 atau punya riwayat perjalanan ke daerah episentrum penyebaran virus, meski tak menunjukkan gejala, namun bisa saja Anda menjadi carrier coronavirus.

3 Mengalami gejala ringan-sedang yang mengarah ke COVID-19 diantaranya adalah demam, batuk, sesak napas yang tak kunjung reda, meski dirasa tidak ada riwayat kontak langsung dengan pasien atau berada di daerah episentrum.

Bagaimana cara mencegah penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19)?

Bagaimana cara mencegah penyebaran COVID-19?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 adalah:

1 Jaga kesehatan dan kebugaran Anda agar sistem imunitas/kekebalan tubuh meningkat.

2 Cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir, karena hal ini dapat membunuh virus yang ada di tangan kita. Hal ini murah dan mudah untuk dilakukan, untuk menghindari penularan dari tangan. Jika tidak ada air dan sabun, bisa menggunakan hand-sanitizer berbasis alkohol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *